Pemdes Bumidaya Dor To Dor Salurkan Bantuan BLT-DD

Reportika.co.id || Palas, Lampung Selatan – Sebanyak 42 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, terima bantuan langsung tunai (BLT-DD) 2023. Lima KPM diantaranya disalurkan langsung secara door to door.

 

Kepala Desa Bumidaya, Dudi Hermana mengatakan pihaknya menyalurkan BLT-DD 2023 sebanyak 42 KPM. Adapun kriteria yang menerima, yakni keluarga miskin ekstrim 15 KPM, sakit menahun atau kronis dan disabilitas 11 KPM, serta lansia tunggal 16 KPM.

 

“Alhamdulillah, kami sudah menyalurkan BLT-DD tahap pertama untuk tiga bulan, yakni periode Januari-Maret. Masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp900 ribu,” kata dia kepada awak media, Sabtu 15/4/2023.

 

Dia mengatakan untuk keseluruhan total anggaran BLT-DD 2023 di desa setempat mencapai Rp151,2 juta. Namun, untuk penyaluran termin pertama ini baru tersalurkan sebesar Rp37,8 juta.

 

“Jadi, setiap bulannya masing-masing KPM menerima BLT-DD sebesar Rp300 ribu. Sedangkan, jumlah penerima BLT-DD itu sebelumnya ditetapkan dalam forum musyawarah desa khusus (Musdesus),” ujarnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Desa Bumidaya, M. Irfansyah mengatakan dari 42 KPM itu, setidaknya ada lima KPM diberikan secara langsung ke rumah masing-masing penerima. Hal tersebut kelima KPM merupakan keluarga yang sakit menahun dan disabilitas.

 

“Ada lima KPM yang kami salurkan ke rumah masing-masing. Sebab, kelima KPM itu sedang sakit menahun dan disabilitas. Sehingga, bantuan BLT-DD harus disalurkan langsung kerumahnya,” kata dia.

 

Terpisah, salah Satu KPM, Musri, warga Desa Bumidaya mengatakan dirinya bersyukur dengan adanya bantuan BLT-DD. Ia mengaku uang bansos tersebut akan dipergunakan untuk keperluan lebaran.

 

“Alhamdulillah, terimakasih atas kepedulian dari Pemerintah Desa Bumi daya. Uang ini yang akan kami pergunakan untuk sehari-hari,” kata dia.

 

Made.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *