Pemdes Baktirasa Salurkan BLT-DD 2023 Ke 32 KPM

Reportika.co.id || Sragi, Lampung Selatan – Pemerintah Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, salurkan bantuan langsung tunai (BLT-DD) periode Januari – Maret 2023. Masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) BLT-DD menerima bantuan uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan.

 

Sekretaris Desa Baktirasa, Jajang Supriyatna yang mendampingi Kepala Desa Baktirasa, Sarna, mengatakan,” setidkanya ada 32 KPM yang menerima bantuan dari Dana Desa (DD) 2023. Setiap KPM menerima bansos untuk periode Januari-Maret.

 

“Kami hari ini menyalurkan BLT-DD kepada 32 KPM yang sudah ditetapkan sebelumnya. Masing-masing KPM memerima uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan. Jadi, total yang diterima KPM sebesar Rp900 ribu selama tiga bulan,” ucapnya.

 

Menurutnya, untuk pencairan BLT-DD gelombang pertama ini baru tersalurkan sebesar Rp28,8 juta dari total anggaran selama satu tahun sebesar Rp115,2 juta,” kata dia.

 

Dia mengatakan dalam penentuan jumlah penerima KPM BLT-DD itu pihaknya melibatkan seluruh elemen, diantaranya Aparatur Desa, BPD, LPM, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

 

“Sebelum ditentukan, kami bersama-bersama turun secara door to door ke calon penerima. Dimana, kami melakukan verifikasi faktual langsung untuk memastikan bahwa bantuan sosial itu tepat sasaran dan sesuai kriteria,” kata dia.

 

Jajang mengatakan untuk para penerima BLT-DD 2023 memiliki kriteria sesuai Permendes PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 dan PMK 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa. Kemudian, Perbup Nomor 88 tahun 2022 tentang, pedoman teknis penyusunan, pelaksanaan dan pelaporan APBDes 2023.

 

“Jadi, yang menerima itu sesuai kriteria yang sudah ditetapkan didalam aturan, seperti keluarga miskin ekstrim, anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, keluarga tidak dapat bantuan PKH dan lainnya, dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia,” kata dia.

 

Made.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *