Anggota DPRD Wajo Dari Fraksi Nasdem Berbagi Tips Cara Pengembangan Usaha Bersama Pelaku UMKM di Pitumpanua

Reportika.co.id || Wajo, Sulsel – Roda ekonomi masyarakat harus terus berputar terkhusus di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

 

Salah satu geliat perputaran ekonomi yang paling digemari masyarakat adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).Pembahasan ini disampaikan

Anggota DPRD Kabupaten Wajo dari Fraksi Nasdem Hj Andi Suleha Selle SH (ASL) yang meluangkan waktu ditengah kesibukannya bersama Srikandi Nasdem Pitumpanua yang tetap solid serta berdialog dengan pelaku UMKM Kecamatan Pitumpanua di Warkop Pertamina Siwa, Minggu 5 Maret 2023, sore.

 

Dalam dialog ini, Anggota Komisi I DPRD Wajo dari dapil (4) Pitumpanua- Keera Hj.Andi Suleha Selle.SH (ASL) mengatakan bahwa masyarakat harus bangkit setelah pandemi. Dimana pada dua tahun terakhir ini semua sektor terdampak akibat pandemi, maka untuk tahun 2023 ini kita harus membangkitkan roda perekonomian di daerah ini melalui pembinaan dan pengembangan UMKM utamanya melalui Ibu- ibu yang ada di desa dan kelurahan di kecamatan Pitumpanua dan Keera.

 

“Perlu saya tegaskan bahwa di zaman yang sudah canggih ini, bukanlah halangan untuk promosi dan pengembangan usaha untuk pemasaran produk karena masyarakat bisa mampu menjual produknya lewat online, sosial media,”ucapnya.

 

“Seperti halnya produk UMKM keripik Pisang Ayu oleh-oleh khas Wajo Pitumpanua Siwa yang di produksi oleh Cafe Ayu dari Kelurahan Siwa bahan bakunya dari pisang. Nantinya kita akan bantu pengembangan dan pemasarannya ke outlet pemasaran produk UMKM diberbagai daerah.Agar usahanya bisa lebih berkembang dan nantinya bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi untuk memenuhi permintaan pasar,”kata ASL lebih lanjut.

 

Pada kesempatan tersebut Andi Suleha Selle (ASL) memaparkan cara jitu mengembangkan UMKM kepada ibu ibu pelaku UMKM di Pitumpanua.

 

“Mengembangkan UMKM membutuhkan langkah- langkah dan strategi yang tepat. Karena banyak UMKM yang berdiri namun usahanya tidak berkembang, mengalami kerugian, dan bahkan berakhir dengan ditutupnya usaha tersebut,”katanya

 

“Mengembangkan usaha anda adalah dengan membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berpotensi terjadi penjualan yang tinggi.Mengikuti beberapa acara pameran dan festival dan membangun relasi antar sesama pengusaha,”urainya.

 

Tapi tak kala penting kata dia, memanfaatkan teknologi dalam bisnis seperti berkomunikasi kepada pelanggan dengan memanfaatkan aplikasi messenger, mengirimkan video dan foto produk anda, video call dan lain-lain.

 

“Karena sekarang pasar juga menuntut untuk cepat, tepat dan terpercaya. Kecepatan informasi, cepat tanggap, manajemen yang terstruktur, SOP (Standard Operation Procedure) adalah aspek yang dapat melengkapi dan sangat mendukung usaha anda. Jika anda punya sedikit pengetahuan tentang penggunaan teknologi dalam bisnis ini akan menjadi nilai plus bagi anda dibandingkan dengan kompetitor,”ujarnya

 

“Kami berharap pelaku UMKM binaan kita selamaini semoga terus berkembang sehingga menjadi contoh para pelaku UMKM lainnya,”harapnya

 

Ibu Hasnawati ownear cafe Ayu Bangsalae selaku pelaku UMKM binaan DPC Partai Nasdem Pitumpanua sangat berterima kasih atas bantuan dan dukungan moral dari Ibu Hj.Andi Suleha Selle, SH selama ini atas pengembangan usahanya.

 

“Berkat dorongan dan bantuan modal usaha dan support selama dari Ibu Dewan,Alhamdulillah usaha kami sudah bisa berkembang,bahkan pemasaran usaha ini sudah masuk beberapa outlet di kota Makassar,”kata ibu Ayu.

 

“Terimakasih bantuan dan support selama ini memang kami dari pelaku UMKM butuh bimbingan untuk pengembangan usaha,”tutupnya.

 

BUST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *