Desa Baktirasa Sepakati 32 KPM Terima BLT DD Tahun 2023

Reportika.co.id || Sragi, Lampung Selatan – Pemerintah Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, sepakati jumlah penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) 2023 sebanyak 32 keluarga penerima manfaat (KPM). Bahkan, calon para penerima bantuan sosial itu sudah dilakukan verifikasi faktual ke rumah masing-masing.

 

 

Sekretaris Desa Baktirasa, Jajang Supriyatna mewakili Kepala Desa Baktirasa Sarna, mengatakan,” belum lama ini. Dia mengaku meski sudah disepakati oleh tim, namun 32 calon KPM itu belum di tetapkan dan musyawarahkan melalui forum Musyawarah Desa Khusus (Musdesus).

 

 

“Insyaallah, tahun ini ada 32 KPM untuk penerima BLT-DD. Kami juga melakukan verifikasi faktual terhadap calon penerima itu bersama Tim, yang terdiri dari seluruh perangkat desa, BPD dan Pendamping Desa,” kata dia.

 

 

Dalam survei verifikasi terhadap calon penerima BLT-DD itu, kata dia, pihaknya harus memastikan sesuai dengan kriteria, yakni keluarga miskin ekstrim, keluarga dengan anggota sakit kronis atau menahun, keluarga dengan anggota lanjut usia, serta keluarga dengan anggota difabel.

 

 

“Jadi, untuk kriteria itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023,” kata dia.

 

 

Setelah jumlah tersebut dibawa ke forum Musdesus, kata Jajang, calon penerima BLT-DD yang sudah di verifikasi nantinya akan ditetapkan dan diterbitkan dalam Peraturan Kepala Desa (Perkades). Sehingga, pihaknya mengalokasikan anggaran BLT-DD kedalam APBDes 2023.

 

 

“Untuk nominal bantuan masih sama dengan tahun lalu, yakni Rp300 ribu per bulan. Insyaallah, para penerima bantuan BLT-DD di 2023 ini benar-benar tepat sasaran,” ucapnya.

 

Made

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *