Kecamatan Cikbar Bersama FPRB dan Komunitas Gabungan Relawan Adakan Giat Susur Sungai, Penanaman Pohon

Reportika.co.id || Bekasi – Dalam rangka menjalankan program Membangun Desa Tangguh Bencana ( DESTANA ) Pemerintah Kecamatan Cikarang Barat bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kecamatan Cikarang Barat, berkolaborasi dengan Komunitas Pelestari Lingkungan melaksanakan kegiatan santunan anak yatim, yang dilanjutkan dengan penanaman pohon serta menggelar Aksi Susur Sungai dan Gerakan Bersih Kali Cikarang, yang berlokasi Taman Hati Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi pada Sabtu (21/01/23).

 

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum FPRB Kabupaten Bekasi Tuti Yasin, beserta Sekjen Iwan Lentik, Kepala Bidang BPBD M.Said, Obon Tabroni Anggota DPR Pusat, Junjun SE, mewakili Camat Cikarang Barat, dan Unsur Muspika Cikarang Barat.

 

Tuti Yasin sebagai Ketua Umum Forum Pengurangan Resilo Bencana (FPRB) Kabupaten Bekasi mengapresiasi kegiatan kolaborasi Gabungan Komunitas Pelestari lingkungan bersama Pemerintah Kecamatan dan desa se-Kecamatan Cikarang Barat atas terselanggarannya kegiatan ini dan berharap akan menjadi edukasi masyarakat ketingkat terbawah yaitu rumah tangga dalam menjaga dan merawat lingkungan agar tetap terjaga.

 

“Apresiasi atas inisiasi terselenggara acara ini untuk menjaga lingkungan yaitu salah satunya menjaga sungai di kali cikarang yang di kolaborasikan oleh seluruh para relawan garda mantab insyaAllah akan di adakan siang ini yang di dahulukan dengan giat santunan untuk 75 lebih anak yatim yang mudah mudahan menjadi berkah kita semua khusus nya wilayah Cikarang Barat dan juga menjadi titik pertama dari kecamatan berikutnya.

 

Lebih lanjut Tuti Yasin mengatakan bukan hanya seremonial yang diharapkan melainkan rutinitas kegiatan untuk menjaga lingkungan terus dilaksakan agar menjadi contoh untuk masyarakat sekitar.

 

“Impek dari kegiatan ini diharapkan bukan hanya sekedar kegiatan seremonial tapi menjadi kegiatan rutinitas menjaga Kali Cikarang Ini agar tetap terjaga dari dampak limbah industri maupun sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga. Lebih daripada itu selain menjaga lingkungan kegiatan ini dapat mengedukasi Masyarakat sekitar,” tuturnya.

 

Dikegiatan yang sama usai melaksanakan giat tanam pohon secara simbolis Junjun SE, Mewakili Camat Cikarang Barat menyampaikan pentingnya kolaborasi Pemerintah Kecamatan dan desa dengan dengan masyarakat dan komunitas dalam melestarikan lingkungan agar tetap terjaga dengan menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan bentuk pencegahan terjadinya bencana secara dini.

 

“Dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon, bersih sungai, santunan anak yatim tidak lain bertujuan mengajak masyarakat untuk sadar dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 

“Disamping itu juga dengan memperkuat kolaborasi FPRB kecamatan dengan tingkat desa ataupun kelurahan yang ada di kecamatan Cikarang Barat dan Komunitas Pelestari Lingkungan untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan agar alam tetap hijau serta menjaga kebersihan sungai guna keberlangsungan ekosistem lingkungan sungai, dan kepedulian kita antar sesama

 

 

“Merupakan bentuk pencegahan dan salah satu bagian dari pembangunan desa tangguh bencana,”tutup Junjun. (NHS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *