Latihan Pengelolaan Sampah Ponpes Al-Mu’minun Diapresiasi Elfrianto

Reportika.co.id || Wajo, Sulsel – Pondok Pesantren Al Mu’minun menyelenggarakan pelatihan pengelolaan sampah diaula mushala putri Pondok Pesantren Al Mu’minun Desa Tellesang, Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo.

 

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mu’minun Budi Asnawi Said,Lc.M.HI menjelaskan tujuan diselenggarakan pelatihan pengelolaan sampah untuk mengedukasi masyarakat dan warga Pondok Pesantren Al-Mu’minun tentang pengelolaan sampah dengan baik.

 

“Pengelolaan sampah adalah kewajiban kita bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu,kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta meningkatkan kerjasama dalam upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan,” jelas Budi Asnawi Said,Lc.M.HI kepada awak media.

 

Lanjut Asnawi, dengan pelatihan pengelolaan sampah ini kita harapkan terwujud kepedulian semua lapisan masyarakat terhadap sampah, serta mendorong pengelolaan sampah dengan baik.

 

“Tak kalah penting membangun kerjasama antara warga Desa Tellesang dan warga Pesantren dan pemerintah Desa Tellesang untuk mengelola sampah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah,”ungkapnya.

 

Selaku narasumber dalam pelatihan pengelolaan sampah Pondok pesantren Al-Mu’minun,hadir Syamsudariadi, ST.,MT mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo.

 

Syamsudariadi, ST.,MT mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo mengatakan ada tiga isu global saat ini yang sangat penting yaitu demokrasi, HAM, Lingkungan. Lingkungan dan masalah sampah salahsatunya yang harus ditangani secara terencana dan kolaborasi yang kuat serta sifatnya berkelanjutan.

 

“Melalui pelatihan pengelolaan sampah kita akan memberikan pemahaman bahwa sampah bukan merupakan suatu masalah melainkan sampah dapat memiliki nilai ekonomis,”jelasnya.

 

Dan perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang terjaga dengan baik dan berkesinambungan,” ujarnya lebih lanjut.

 

Anggota DPRD Kabupaten Wajo Elfrianto, ST dalam kesibukannya masih sempat hadir mengikuti kegiatan pelatihan pengelolaan sampah di Ponpes Al Mu’minun Tellesang mengapresiasi pelatihan pengolahan sampah oleh Trainer Syamsudariadi,ST,MT dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo.

 

“Perlunya pelatihan pengolahan sampah ini harus berkesinambungan agar masyarakat dapat memahami dan memanfaatkan sampah bisa bernilai ekonomi dan ini perlu di dorong oleh pemerintah kabupaten Wajo agar lingkungan kita bebas sampah,utamanya sampah plastik dapat merusak lingkungan jadi perlu di daur ulang,”jelas Sekertaris PAN Wajo.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut

Trainer Syamsudariadi, ST.,MT dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo,Anggota DPRD Elfrianto, ST Ketua yayasan Pondok Pesantren Al-Mu’minun,Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mu’minun,Kepala Desa Tellesang dan staf, Kepala dusun se-Desa Tellesang,Imam Desa, Ketua BPD dan anggota,Pendamping Desa,Babinsa, Guru dan warga pesantren serta Wahda Islamiyah.

 

Bust

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *