Berbagai Seni Tari Warnai Puje Wali Purname Kelime Adat Bali Agung

Reportika.co.id || Palas, Lampung Selatan – Upacara purname kelime dilaksanakan dalam rangka merayakan hari ulang tahun pure puseh kerti buana dilaksanakan di bulan oktober di Desa Bali Agung kecamatan Palas lampung Selatan. jatuh pada hari Minggu 29/10/2023, di Pure puseh Kerti buana.

Upacara puje wali dihadiri, pendarme wacane propensi lampung, Ketut gede riasa artawa. penyuluh agama kabupaten Lamsel, Ida Bagus putu Santika, penyuluh agama sekabupaten Lamsel, apa yang disampaikan oleh bapakParisada kecamatan Palas, Nyoman Ade, ketua adat desa Bali agung Ngakan Ketut puje, dan umat Hindu Jawa desa bumidaya dan umat Sedarma desa setempat.

Dalam sambutanya ketua adat Ngakan Ketut puje menyampaikan “rasa syukur kami ucapkan atas terlaksananya pelaksaan puje wali purname kelime ini dengan baik dan kami ucapkan ribuan trimakasih atas dana punie umat Sedarma dan para pengayah yang slalu antosias dalam mempersiapkan perlengkapan kegiatan ini semoga sradha bakti yang terlaksana dapat diterima tuhan yang maha esa.

“Dumogi pemargi karyan Ide Dane labda karya dengan suksesnya pelaksanaan karye puje wali purname kelime, menandakan semangat dan bhakti umat kepada tuhan yang maha esa,” ucapnya.

Ketua adat juga apresiasi keseragaman dan kekompakan atas pentas bermacam seni yang mengiringi kegiatan puje wali, walau dalam pelaksanaanya dibawah panasnya matahari, semoga tidak mengurangi semangat Ide dane dalam melaksanakan ngayah, semoga didalam kegiatan ini, apa yang menjadi tujuan dan harapan kita sebagai umat Hindu diberikan warenugrahe oleh Ide Hyang Widi (Tuhan Yang Maha Esa)

Ia berharap, Agar disetiap kegiatan keagamaan agar saling menjaga kerukunan antar umat beragama.
Melalui Srada Bhakti, yang tidak kalah penting juga perlu terus ditingkatkan hubungan antara sesama manusia dan hubungan dengan alam lingkungan sekitarnya.


Di tempat yang sama Ida Bagus Santika selaku Penyuluh Agama Hindu kabupaten Lampung Selatan menyampaikan” keberhasilan suatu kegiatan, kalau tidak didukung umat pastinya hasilnya tidak akan baik, ini bukti keseragaman dan kekompakan umat’ Sedarma kegiatan Yadnya ini berjalan dengan baik, semoga selalu diberi anugrah yang kita laksanakan dan kita kerjakan dihari ini,” Ucap Ida Bagus putu Santika.

“Ia berharap semoga kita sebagai generasi penerus dapat menjaga nilai nilai leluhur yang diwariskan kepada kita dan anak cucu kita,menjaga agar tidak punah karna jaman,” tutupnya.

Selesai kegiatan sambutan pelaksanaan dilanjutkan dengan pendarma wacana yang di sampaikan oleh Ketut Gede Riasa Artawa.

Made

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *