Kapolda Metro Jaya Gelar Deklarasi Anti Hoax Menjelang Pemilu 2024

Reportika.co.id || Jakarta – Polda Metro Jaya menggelar acara Deklarasi Anti Hoax, di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman No 55, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (10/10/2023).

Dalam rangka mensukseskan Pemilu Damai 2024, Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya menggelar Deklarasi Anti Hoax yang dibuka oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto dan dihadiri artis Deddy Corbuzier serta perwakilan dari KPU dan Bawaslu DKI.

Deklarasi Anti Hoax tersebut merupakan rangkain kegiatan untuk menyambut HUT Humas Polri Ke-72 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2023 mendatang. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah “Sinergi Orangnya, Jakarta Aman, Pemilu Damai Indonesia Maju Harus Dari Saya”.

Dalam sambutan Kapolda Metro Jaya berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi pemicu motivasi masyarakat melalui bantuan para influencer dan awak media untuk mendeklarasikan pernyataan anti hoax terhadap setiap informasi yang berbau kebohongan.

Orang bijak tak percaya hoax mari kita bersama sama memerangi berita hoax guna menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan damai serta mendukung kelancaran Pemilu 2024.

“Di era industri 5.0 yang saat ini, masyarakat dapat menghasilkan, mengakses, mengupload dan mengunduh juga menyampaikan informasi ke dunia maya secara mudah yang membawa manfaat positif dan negatif,” ujar Karyoto.

Ia mengungkapkan, salah satu dampak negatif dari kegiatan penyebaran informasi yakni munculnya berbagai macam berita hoax.

“Menyebarkan berita palsu dapat menimbulkan dampak negatif dan Polda Metro Jaya melakukan penegakan hukum kepada yang menyebarkannya” tuturnya.

Ia juga mengajak warga menerapkan prinsip saring sebelum sharing atau menyebarluaskan informasi melalui media sosial. Sementara, penyebaran informasi hoax bertujuan menciptakan situasi kacau sehingga menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Saya juga mengajak rekan awak media secara bijak menyebarluaskan informasi yang valid dan jelas kepada masyarakat,” tutupnya.

(Sule)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *