Sejumlah Unggas di Bumiasri Palas Mati Mendadak

Reportika.co.id || Palas, Lampung Selatan – Masyarakat Desa Bumi Asri, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, dikagetkan dengan belasan ekor ternak ayam mati mendadak. Belum tahu penyebab kematian ternak ayam tersebut.

Selasa 17/8/2022.

 

Hal tersebut menimpa, Herman, warga desa bumiasri. Dia mengaku kaget mengetahui ternak unggas miliknya mati mendadak pada Selasa pagi, Padahal, unggasnya sebelumnya dalam keadaan sehat.

 

“Saya baru tadi pagi kaget melihat unggas saya pada mati semua. ayam tiga ekor dan bebek empat ekor. Belum tahu apa penyebabnya. Sore hari sebelumnya, kondisi ternak saya sehat semua. Tapi, keesokan harinya ayamnya lunglai langsung mati,” katanya.

 

Meski belum tahu penyebabnya, kata Herman, ketujuh ternak unggas miliknya langsung ia kubur. Hal tersebut sebagai antisipasi tidak menyebar ke unggas lainnya.

 

“Ternyata, kematian unggas ini juga dialami tetangga kanan dan kiri rumah saya. Tapi, saya belum tau secara pasti, berapa yang mati. Yang jelas, kami sudah was-was penyebabnya virus flu burung,” katanya lagi.

 

Plt Kepala Puskeswan Kecamatan Palas-Sragi, Wartono, mengatakan pihaknya baru menerima laporan dari masyarakat melalui pesan WhatsApp. Meski demikian, ia berharap masyarakat supaya segera mengubur atau membakar unggas yang mati tersebut.

 

“Kami tetap mengimbau masyarakat untuk slalu membersihkan kandang ternak ayam. Kemudian, menyiram kandang dengan disinfektan atau deterjen agar dapat mencegah penularanya,” tuturnya.

 

Made

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *