Polsek Palas Beri Kenyamanan Umat Hindu Bali Agung Merayakan Galungan

Reportika.co.id || Palas, Lampung Selatan – Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan dirayakan oleh umat Hindu Desa Bali agung kecamatan Palas Lampung selatan, sebanyak dua kali setahun pada penanggalan masehi, karena diperingati setiap enam bulan sekali atau 210 hari sekali berdasarkan Kalender Saka Bali.

Pasalnya Sebagai bentuk ungkapan syukur, umat Hindu Bali Bali Agung merayakan Galungan dengan semarak dan dimasing-masing rumah dihiasi penjor, menyimbolkan kemenangan dan kemakmuran serta sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi dengan segala manifestasinya.

Persembahyangan hari raya galungan dihadiri Anggota Polsek Palas ,Aiptu Hendri Kanit Intel, IPDA Hasudungan Kanit Binmas, IPDA Yobi Andriawan Kanit Samapta, IPDA FHL, Tobing Babinkantibmas, dan IPDA Rusyanto Anggota Reskrim. Memberi kenyamanan umat Hindu melaksanakan persembahyangan.

Ngakan Ketut puje selaku ketua Adat Bali agung saat dimintai keterangan mengucapkan, Banyak terima kasih kepada kapolsek Palas yang hadir dalam perayaan hari raya galungan, yang memberi kenyamanan kepada umat kami dalam melaksanakan persembahyangan dihari raya ini,” ucapnya. Rabu 2/8/2023.

“Ia hari ini menjadi hari yang sakral sekaligus menjadi kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan). Hari Raya Galungan dimulai dengan upacara sembahyang di rumah masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan sembahyang di pura sekitarnya,” ucapnya

“Pada momen ini, umat kami banyak yang memilih pulang kampung merayakan hari raya galungan sehingga bisa sembahyang ke tanah kelahiran,” tandasnya.

Mewakili Kapolsek Palas AKP Andy Yunara, IPDA Hasudungan menyampaikan ,” kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk menjaga situasi tetap dalam keadaan kondusif Sehingga masyarakat Desa Bali Agung khususnya yang beragama Hindu dapat melaksanakan hari Raya dan persembahyangan dengan aman dan nyaman.

“Kepada Umat Hindu juga di Himbau tetap senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama, semoga di kemenangan dihari raya ini selalu mendapat anugrah tuhan yang maha kuasa. Selamat Hari Raya Galungan kepada Umat Hindu di Desa Bali Agung Kecamatan Palas,” ucapnya.

Made.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *