Dimulai Dari Infrastruktur, Bahodopi Terus Solek

Reportika.co.id || Morowali, Sulteng – Rencana Program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Morowali Melaksanakan program Pemerataan Infrastruktur pembangunan khususnya di wilayah Kecamatan Bohodopi dipertengahan tahun 2023 terlaksana.

Mengawali pelaksanaan perubahan wajah wilayah, Pemerintah Desa Bahodopi memulai dengan membuat Draenase kurang lebi 200 M yang diluncurkan Pemkab ke Pemdes Bahodopi dikerjakan oleh salah satu Kontraktor senilai Rp. 117.000.000. TA 2023. Melalui Dana DAU

Kepala Desa Bahodopi Bakri, S. Sos alias Bung Ucok. Mengakui bahwa memang benar saat ini Kontraktor yang mendapatkan Item pembuatan Draenase saluran air sedang tahap pekerjaan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum yang dikuncurkan Pemkab ke Desa Bahodopi.

“Jika Desa Bahodopi dibenahi mulai dari draenase hal tersebut sepatasnya dilakukan kerena melihat kondisi warga yang saat ini membludak, memukimkan pemukiman pun semakin padat, selain itu tidak disangkali khususnya didesa Bahodopi adanya beberapa jalan strategis maupun jalan pemukiman umum serta jalan produksi tidak semuanya memiliki draenase saluran air adapun yang ada saat ini bersumber dari usaha Pemerintah Desa untuk mengalokasikan dana perbaikan draenase,”Papar Ucok

“Terkait bentuk proyek pekerjaan infrastruktur pembangunan secara umum yang akan dilakukan didesa bahodopi baik yang saat ini sedang berjalan maupun kedepanya dikerjakan selaku pemerintah mengahrapkan kepada kontrajtor yang mendapatkan peket pekerjaan bertanggung jawab terhadap mutu pekerjaan sehingga hasilnya terfungsikan sesuai peruntukannya, karena kita mengetahui bersama bila musim hujan air maupun sampah berbarengan menyusup ke badan jalan akibat tidak adanya saluran air yang maksimal.nah dengan adanya pembuatan draenase di pinggiran jalan tentu telah dapat menemalisir terjadinya luapan air disertai sampah tidak lagi tergenang, pembuatan draenase yang dikerjakan saaat ini merupakan sebagian kecil dari rencana khsusus pemerintah pusat dan pemkab untuk menggenjot perubahan wilayah atau wajah Bahodopi,” Ulasnya.

“Untuk itu mewakili Pemerintah Desa saya mengaharapkan kepada seluruh masyarakat Bahodopi senantiasa mengfungsikan sebaik mungkin yang telah diberikan oleh pemerintah warga seharusnya menjaga jika perlu merawat bukan sengaja malah menimbun draenase demi kepentingan pribadi, bila terjadi luapan air pemerintah yang disalahkan. Selanjutnya warga diharapkan agar bekerja sama untuk mematuhi bentuk pemberitahuan maupun Perdes demikian pula bagi warga yang ingin bemerdomisili di Bahodopi wajib untuk melapor agar mendapatkan identitas jelas bertempat tinggal,” Paparnya.

“Khususnya kepada warga Bahodopi bila terjadi permasalahan diluar dari pengawasan atau lingkup kerja pemerintah desa, baiknya lakukan kordinasi atau melapor ke Pemerintah Desa agar permasalahnya mendapat solusi, karna bukan lagi rahasia umum, terkadang warga langsung melakukan somasi atau bergerak sendiri menyelesaikan masalah, padahal masih ada Pemdes, akibatnya terjadi pertikaian hingga menimbulkan konflik yang kemudian berujung menyatakan Pemdes,” tutup mata.

“Nah bukan hal seperti itu yang dinginkan, olehnya jika membangun kebersamaan berkolabarasi dalam program pembangunan antara masayarakat dan pemerintah sinergi, sudah barang tentu wujud Morowali Sejahterah Bersama dan Berkembang dapat kita rasakan bersama,”tutup Ucok

Drman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *