Peringati HKBN, Kecamatan Cikarang Barat Gelar Simulasi Gempa

Reportika.co.id || Bekasi – “Siap Untuk Selamat” Tema yang diambil dalam Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April, Pemerintahan Kecamatan Cikarang Barat bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) melaksanakan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi di kantor Kecamatan Cikarang Barat (4/5/2023)

Diadakannya Kegiatan Simulasi Gempa Bumi merupakan bagian kesiapsiagaan menghadapi bencana yang takterduga dengan tujuan mengenalkan tata cara dan sikap atau tindakan yang harus diambil ketika bencana gempa terjadi.

Pemerintah Kecamatan Cikarang Barat siap untuk mensukseskan hajat Kabupaten Bekasi melalui Surat Edaran Nomor: BC.03.01/SE-36/BPBD/2023 Bekasi melalu BPBD dan didaftarkan masuk dalam Museum Rekor MURI Indonesia akan mencanangkan gerakan simulasi secara serentak seluruh wilayah kabupaten bekasi pada 15 April 2023.

Guna mensukseskan kegiatan Gerakan sekaligus mengedukasi masyarakat pelaksanaan simulasi bencana, yang dilaksanakan pukul 09.00.WIB, Drs.Lukman Hakim MM Camat Cikarang Barat bersama seluruh Jajaran Pegawai Negri Sipil, Staff serta masyarakat yang mengurus adminstrasi di kantor pelayanan admistrasi kependukan melaksakan simulasi kesiapsiagaan bencana yang sebelumnya diberi pengarahan dari tim yang menerangkan konsep simulasi yang akan dilaksanakan serta manfaat pelaksanaan kegiatan serta menjelaskan titik kumpul apabila terjadi bencana gempa untuk posisi Pegawai dan jajaran pegawai serta masyrakat yang sedang berada di kantor kecamatan Cikarang Barat.

Drs H. Lukman Hakim A.P. MM Camat Cikarang Barat mengatakan Kegiatan simulasi gempa bagian dari melatih kita ataupun warga untuk lebih waspada karena dengan latihan evakuasi mandiri, agar siap dan selamat dari ancaman bencana.

“Hari ini kita akan mengadakan simulasi gempa bencana bumi jika terjadi di wilayah cikarang barat,jadi kenapa kita lakukan ini dalam rangka kita menyambut peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), ini menjadi kegiatan yang sangat positif dalam rangka kita mengantsipasi manakala ada bencama bencana yang tak terduga yg terjadi di wilayah Cikarang Barat namun demikian kita berdoa tidak ada bencana bencana alam yg terjadi di kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi,” Paparnya

“Oleh karena ini harus selalu siap siaga dan antisipasi jika ada bencana alam yaitu bencana banjir bencana gempa bumi dan bencana lainnya,” jelas Lukman Hakim

Dia juga berharap agar masyarakat dengan pemerintah harus sinergi harus bahu membahu berkaitan dengan antisipasi manakala terjadi gempa bumi dan bencana lainnya.

Sanin Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Kecamatan Cikarang Barat menyampaikan apresiasi setinggi Kepada Drs, H. Lukman Hakim Camat Cikarang Barat jajaranya serta masyarakat Kecamatan atas atensinya terhadap kegiatan evakuasi gempa hari ni yang dilakukan bersama dengan FPRB.

(NHS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *