Puncak Apel Peringatan HKB Nasional Kabupaten Bekasi di Tandai Pemukulan kentong

Reportika.co.id || Bekasi – Dihari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional yang diperingati setiap 26 April, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Apel Siaga di Gedung Juang Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Rabu, 09.00 WIB (26/4/2023)

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdhan, memimpin langsung kegiatan apel siaga bencana yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Bekasi, BPBD, Basarnas, FPRB, PMI, Gabungan Relawan Garda Mantab, Pramuka SMA dan SMP.

Dani Rhamdan menyampaikan Pemerintah Indonesia melalui BNPB mencanangkan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). Tema utama HKB 2023 adalah “Siap Untuk Selamat” dengan sub tema tahun ini “Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Risiko Bencana” serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Puncak Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional di tandai dengan melakukan pemukulan Kentong atau membunyikan alat peringatan bencana (sirine dan alarm) pada jam 10.00 pagi secara bersama.

Dia juga menyampaikan, bahwa Kabupaten Bekasi telah memiliki Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dan Desa Tanggung Bencana (Destana) sebagai garda terdepan dan agen perubahan, yang memiliki peran yang sangat penting dan efektif membantu masyarakat mengetahui langkah maupun konsep apabila terjadi bencana. Termasuk elemen yang paling aktif dalam mengurangi resiko bencana di wilayah.

Kolaborasi dan peran dari FPRB, Destana dan Katana sendiri dapat dilihat atas keberhasilan Pemkab Bekasi dalam menangai bencana di Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu,

“Alhamdulillah, selama masa bencana kemarin dibandingkan bencana tahun lalu, jumlah korban jiwanya jauh lebih menurun, pengungsian dan kerusakan bisa direduksi ,” ujarnya.

Kedepan kita akan tingkatkan keterampilan personal dan tiem dengan mengadakan pelatihan

“Peningkatan mutu personal dan team kedapanya akan kita tingkatkan dengan melalui pelatihan mitigasi, savety emergensi evakuasi Artinya, setiap upaya yang kita lakukan sungguh-sungguh memberikan hasil yang diharapkan,” ujarnya.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April secara bersamaan di bulan yang sama pada tahun ini, 22 April 2023 Hari Raya Idul Fitri Apel Upacara di Akhiri dengan acara Halal bi halal.

NHS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *